Senin, 19 September 2011

Sistem Pergaulan Dalam Islam

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,,,
Bismillah, Teman-teman semua ada sedikit pengetahuan nih n iseng-iseng yang semoga bermanfa’at nantinya (amin).
Gimana sih sistem pergaulan dalam islam itu???
mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang tahu ya,,,,, tapi untuk mengingatkan diri kita kembali (termasuk saya lho,,,!!!) ayo,,, kita liat bagaimana sih,,, Sistem Pergaulan Dalam Islam itu???
Beberapa bulan yang lalu, dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembahasan “Hubungan manusia Dengan Manusia yang Lainnya” apa saja sih hubungannya itu????
1. Pendidikan,
2. Ekonomi,
3. Sosial
4. Politik,
5. Sanksi, Dll
Dalam Pembahasan ini juga diterangkan tentang Sistem Pergaulan Dalam Islam.
nah,,,, sekarang ayo kita lihat bagaiman sih Sistem Pergaualan dalam Islam itu……..
Sistem Pergaulan dalam Islam:
1. Islam telah memerintahkan baik terhadap laki-laki maupun wanita agar menundukan pandangannya , sebagaiman dalam firman Allah SWT, dalam Qs. An-Nuur: 30-31.
2. Islam memerintahkan kaum wanita agar mengenakan pakaian yang sempurna, yang menutup seluruh perhiasannya (badannya) kecuali yang boleh tampakj (wajah dan telapak tangan), serta sebadgaimana mengulurkan pakaiab (luar) untuk menutup tubuhnya. Sebagaimana dalam firmanNya dalam Qs. Al-ahzab: 59.
3. Islam melarang seorang wanita melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya selama lebih dari sehari semalam, kecuali di temani oleh mahramnya.
Ayyooooooo,,, untuk para akhwat nih,, kalo pergi-pergi lebih dari sehari semalam harus ditemani mahramnya ya!!! Di sini diterangkan juga, lebih baiknya mahram laki-laki loh,,,,,, seperti, ayah, kakak laki-laki, atau sepupu laki-lakinya
4. Islam melarang antara pria dan wanita yang bukan muhrim berkhalawat (bersunyi-sunyi atau berdua-duaan). Rasulullah SAW bersabda : “ Janganlah salah seorang di antara kamu berkhalawat dengan seorang wanita, kecuali Ia (wanita itu) bersama mahramnya (HR. Ahmad).”
5. Islam melarang seorang istri pergi keluar rumah, kecuali atas izin suaminya. Disini juga di certain loh,,, kisah seoarang istri yang di tinggal suaminya berperang. Sebelum pergi suaminnya berpesan kepada istrinya agar tidak pergi keluar rumah sampai suaminya itu kembali pulang. Selang beberapa hari kemudian setelah kepergian suaminya, ada kabar bahwa ayah dari wanita itu terserang sakit yang cukup parah. Rasa ingin menjumpai Sang Ayah pastilah ada, tapi apa daya ia tetap teguh untuk tidak keluar rumah karena itu amanah dari suaminya. Setelah itu ada kabar lagi bahwa ayahnya pun telah meninggal dunia, sampai para ajudannya mendatangi kediaman wanita itu untuk menjemputnya. Anak mana yang tidak ingin untuk melayad ayahnya sendiri, tapi karena pesan suaminya tersebut wanita tersebut tetap tidak mau meninggalkan rumah. Sampai dengan malam tiba, ia kemudian bermimpi bahwa ayahnya telah masuk syurga,,, subhanallah sholehah sekali ya??? hanya karena ta’at pada suaminya, ia dapat membantu ayahnya menuju jannah. Hem,,,, siapa yang tidak bangga,,,???
6. Islam menjaga dan menjadikan kelompok kaum pria dan wanita terpisah, dalam kehidupan khusus maupun umum dan tidak bercamnpur baur.
7. Islam mengupayakn adanya hubungan kerja sama antara pria dan wanita yang bersifat umum dalam urusan mu’amalah sesuai dengan hajat syar’inya seperti, perdagangan pengobatan, pendidikan, dll
8. Larangan tabaruj (berhias diri/bersolek) kecuali, dihadapan suami atau muhrimnya.
9. Islam mengatur hubungan khusus pria dan wanita dalam perkawinan. Jika lelaki belum siap untuk menikah di anjurkan kepadanya untuk memperbanyak puasa.
10. Dilarang berzina. Sudah pasti ya???
11. Perintah kepada pria dan wanita untuk menjauhi tempat-tempat syubhat bahkan haram seperti discotik , dll.
Teman-teman, subhanallah sekali kan islam mengatur kita sampai dengan pergaulannya. Terlebih untuk para akhwat sangat di istimewakan sekali ya??? Sampai-sampai di ibaratkan sebagai perhiasan dan dalam system di atas sepertinya wanita sangat terjaga sekali. Ayyooo,,, kita terapkan system ini mulai dari diri kita sendiri, paling tida di cicil lah,,, dari 11 kriteria tadi. Sebagai generasi penerus Nabi Muhammad SAW mari kita kembangkan dan bangkitkan islam kembali, walau tidak sebesar jihadnya Nabi, Semoga dari mulai hal terkecil yang kita lakukan dapat menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfa’at.amin.
Mungkin lain waktu kita bahas tentang Bagaimana sih Negara Khilafah itu atau Negara Islam itu???
Terima kasih yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca catatan ini. Ada Banyak cara menuju jannahNya SEMANAGAT ALLAHU AKBAR.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
~Uhibbukum Fillah~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar